Kol Inf Efran Herryanto,S.H.

Kaprodi Administrasi Pertahanan Akmil

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Syaloom. 

Om swastiastu.

Yang terhormat bapak camat mungkid kabupaten magelang atau yang mewakili

Yang terhormat kepala desa bojong kecamatan mungkid kabupaten magelang.

Yang saya hormati bapak/ibu, mahasiswa univ tidar dan seluruh masyarakat desa bojong kecamatan mungkid kabupaten magelang.

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan karunianya, sehingga kita semua masih diberikan kesehatan dan dapat hadir dalam pembukaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di aula desa ini.

Hadirin yang saya hormati.

Akademi Militer merupakan lembaga pendidikan tinggi kedinasan bertujuan untuk membentuk Taruna menjadi perwira TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Sapta Marga, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar golongan Perwira berkualifikasi akademis diploma IV dengan gelar sarjana terapan pertahanan. pada operasional pendidikannya, Akademi Militer memiliki kewajiban untuk memenuhi ketentuan dari intitusi TNI AD dan sekaligus juga mengikuti standar nasional Pendidikan Tinggi.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi Akademi Militer juga melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, selain menyelenggarakan proses pendidikan, juga melaksanakan penelitian  dan  pengabdian  kepada  masyarakat. Secara spesifik bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat apabila dikonversikan pada program kegiatan TNI AD, merupakan wujud nyata dari pembinaan teritorial (binter) yang selama ini sudah dilaksanakan oleh TNI AD.

Sesuai amanat undang-undang TNI, berkaitan dengan operasi militer selain perang (omsp). maka pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat akademi militer memasukkan berbagai kegiatan yang pada prinsipnya menjalin hubungan kerja sama antara Akmil, masyarakat, mahasiswa dan Pemerintah Daerah guna mendukung ketahanan  nasional.

Pembinaan teritorial sebagai salah satu fungsi utama tni diselenggarakan secara profesional sebagai bagian dari panggilan tugas untuk menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan NKRI. Hal ini dapat dimaknai bahwa pembinaan teritorial tni di lingkungan pendidikan melalui kegiatan pengabdian masyarakat diharapkan mampu menjadi embrio dari proses penguatan integrasi bangsa.

Pada implementasinya kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) setiap Tim Prodi I Akmil harus dapat diukur, dipertanggungjawabkan dan dirasakan  manfaatnya secara nyata untuk masyarakat dan Pemerintah Daerah serta terwujudnya  kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Pengabdian kepada masyarakat ditujukan untuk membantu masyarakat tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun. kegiatan ini sebagai proses pembelajaran hidup bermasyarakat (pengabdian), diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat sekitar khususnya dan kabupaten magelang pada umumnya, terutama dalam meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan bagi warga masyarakatnya.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Bojong Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang ini  diharapkan dapat  merubah paradigma masyarakat seiring  berjalannya waktu, menguatkan rasa nasionalisme dan bela negara. pada sisi lain ini harapannya dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dalam menyelesaikan masalah yang ada sehingga mampu memberikan warna baru dalam pembangunan masyarakat secara positif dan bisa saling bersinergi.

Hadirin Yang Saya Hormati.

Demikian sambutan saya dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Bojong Kec.  Mungkid Kab. Magelang.

Sekian dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Syaloom,

Om shanti shanti shanti om.